Jabatan Eselon IV Segera Dihapus

by -2 views

PRAYA–Ratusan pejabat Eselon IV di lingkungan Pemkab Lombok Tengah (Loteng) akan berubah menjadi jabatan fungsional dalam waktu dekat ini.

Penghapusan jabatan tersebut dalam rangka penyederhanaan birokrasi ini untuk efektivitas pelayanan publik.

Hal ini menyusul diberlakukan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 393 tahun 2019 tentang Langkah Strategis dan Konkret Penyederhanaan Birokrasi dan SE Mendagri Nomor 130/1970/OTDA, perihal Penyederhanaan Birokrasi pada Jabatan Administrasi di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Sekda Loteng, HL Idham Halid menyatakan, ratusan
pegawai yang mengisi jabatan struktural eselon IV di lingkup Pemkab Loteng telah diajukan dalam pemetaan penyederhanaan birokrasi. Adapun daftar ratusan pegawai struktural itu terdiri dari kepala sub bagian (kasubag) hingga kepala seksi (kasi), camat dan lainya.

“Kami sedang melakukan pemetaan penyederhanaan birokrasi itu. Pasalnya tidak semua jabatan itu yang akan di hapus. Ada beberapa yang harus dipertahankan,” katanya dengan tegas, kemarin.

Ia menegaskan, sesuai dengan amanat SE Mendagri Nomor 130/1970/OTDA, pejabat eselon IV yang dihapus yang melaksanakan tugas dan fungsi dengan ruang lingkup: analisis dan penyiapan bahan dan atau kebijakan, koordinasi, pemantauan, dan evaluasi kebijakan, pelaksana teknis tertentu, pelaksana teknis yang memiliki kesesuaian dengan jabatan fungsional, dan pelayanan teknis fungsional.

Sedangkan, pejabat eselon IV yang harus masih dipertahankan, yakni yang memiliki tugas dan fungsi dengan ruang lingkup kewenangan otoritas bersifat atributif, sebagai kepala satuan kerja berbasis kewilayahan, dan sebagai kepala unit kerja pengadaan barang atau jasa. Seperti Salah satunya contohnya adalah kepala puskesmas.

“Dalam proses pengalihan pegawai struktural Eselon IV ke jabatan fungsional itu, nantinya akan disesuaikan dengan kompetensinya masing-masing. Sebab tak semua jabatan struktural Eselon IV yang akan dihapuskan,” tuturnya.

Menurutnya, langkah penyederhanaan birokrasi yang dilakukan oleh pemerintah ini tidak akan mempengaruhi tatanan kepemerintahan. Selain itu, penghapusan jabatan struktural Eselon IV juga tidak akan berdampak pada penghasilan pegawai yang bersangkutan.

“Jangan takut akan menjadi pejabat fungsional. Karena penghasilannya tetap akan mirip sesuai dengan biasanya,” imbuhnya.

Ia mengaku, penyederhanaan ini harus dilakukan. Karena ini merupakan program proritas dari pemerintah pusat. Tujuanya tidak lain untuk menciptakan kinerja pegawai pemerintah lebih terukur dan lebih baik lagi pada masyarakat. Kemudian Penghapusan jabatan strukturan Eselon IV ini juga ditargetkan dapat memotong birokrasi panjang dalam layanan masyarakat.

“Dengan tidak langsung pegawai nantinya dialihkan dari pejabat struktural ini akan terpacu lebih semangat meningkatkan kinerja,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.