Lakukan Penyekatan di Pelabuhan Lembar, Enam Pemudik Diarahkan Putar Balik

by -4 views

Lembar Dalam pantaun Arus Penyeberangan Pelabuhan Lembar, kali ini masih terpantau sepi, aktifitas bongkar muat hanya terlihat beberapa kendaraan logistic saja yang beraktifitas.
Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu I Made Dharma Yulia P mengatakan pemantauan dilakukan secara terpadu, diantaranya Pos Pelayanan Lembar dan Posko Pengendalian Tranfortasi Laut.
“Fokus dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, pada Idul Fitri 1442 Hijriah Tahun 2021 di Pelabuhan Lembar, selain antisipasi gangguan-gangguan kamtibmas lainnya,” ungkapnya.
Melalui penyekatan, Pos Pelayanan Pelabuhan Lembar memperketat pengawasan arus mudik di Pelabuhan lembar, baik untuk yang tiba maupun yang keluar.
“Secara kasat mata, setiap kendaraan logistic diperiksa secara menyeluruh, baik dokumen maupun isi muatan, untuk mengantisipasi pelanyalahgunaan,” pungkasnya.
Kapolsek menegaskan, langkah ini diambil untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan angkutan logistic, dipergunakan untuk mengangkut orang.
“Dari hasil pendataan pemantauan, pengguna jasa penyeberangan lembar atau penumpang Kapal tercatat 32 orang, dengan kriteria pengecualian, dan dilengkapi dengan dokumen seperti surat keterangan,” bebernya.
Data Penyeberangan hari ini, Senin (10/5/2021) hingga pukul 16.00 wita, tercatat sebanyak 32 orang pemudik, 16 diantaranya melakukan tugas dinas, delapan orang karena orang tua atau keluarga sakit dan delapan orang lainnya karena mengalami kedukaan.
“Sedangkan untuk keagamaan terpantau nihil, semuanya sudah melalui pemeriksaan dokumen oleh pihak terkait, untuk memastikan keaslian dokumen surat keterangan tersebut,” tandasnya.
Sedangkan untuk pemudik yang melakukan perjalan diluar pengecualian tersebut, maka diarahkan untuk kembali, sesuai dengan Kebijakan Pemerintah tentang larangan mudik.
“Sejumlah 6 Pemudik diarahkan putar balik, menggunakan tiga unit sepeda motor dan satu unit Mobil Pribadi, karena tidak dapat menunjukan Surat keterangan atau dokumen yang dibutuhkan,” ujarnya
Selain itu, dalam penyekatan ini juga dipastikan, setiap yang akan melakukan keberangkatan maupun tiba di Pelabuhan Lembar, dilakukan pemeriksaan kembali Surat Keterangan Rapid test.
“Untuk memastikan keasliannya, diperiksa kembali oleh pihak terkait, dalam hal ini dari Dinas Kesehatan Lobar, beberapa diantaranya bahkan dilakukan rapid test kembali secara acak,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.