Posko Covid-19 Tingkat Desa Dan Kelurahan Bakal Diaktifkan

by -1 views

Lombok Tengah–Pemkab Lombok Tengah akan mengaktifkan kembali posko penanganan Covid-19 yang ada di tingkat desa dan kelurahan.

Hal itu dilakukan, berdasarkan surat imbauan dari Mendagri.Mengingat penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat masih tinggi di wilayah Loteng.

Plt Sekda Loteng, HM Nazili menyatakan, penanganan penyebaran virus Covid-19 ini, bukan hanya tugas pemerintah saja, tetapi sudah menjadi tanggungjawab bersama. Baik tingkat kabupaten hingga tingkat desa dan kelurahan.

“Kita akan mengaktifkan kembali posko hingga ke tingkat desa dan kelurahan ini, karena melihat kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan sekarang semakin berkurang,” katanya dengan tegas.

Dia mengatakan, kasus penyebaran Covid-19 di wilayah Loteng saat ini masih tinggi. Sehingga, semua pihak perlu bersama-sama menyiapkan langkah-langkah guna menekan penyebarannya.

“Loteng sekarang masih berstatus orange. Artinya penyebaran Covid-19 masih terbilang tinggi,” ungkapnya.

Menurut dia, beberapa hal yang harus dilakukan oleh petugas di posko itu ialah memberikan edukasi masyarakat melalui sosialisasi protokol kesehatan berupa 5M yakni selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, selalu menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Saya harapkan dengan adanya posko itu kembali akan mengurangi angka penyebaran Covid-19 di wilayah Loteng,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho menyatakan, pihaknya terus mengajak masyarakat untuk tetap patuh dengan protokol kesehatan belakangan ini.

Bahkan, pihaknya, kata dia, siap mendukung langkah-langkah yang akan dilakukan Pemkab Loteng dalam rangka menekan penyebaran Covid-19,namun harus mempertimbangkan dampak perekonomian masyarakat agar tetap berjalan.

“Posko yang ada ini bagaimana untuk dibangkitkan kembali terutama dalam mengawasi lalu lintas warga yang masuk ke desa dan kelurahan agar dapat dipastikan sehat serta tidak terpapar Covid-19 ini,” tuturnya.

Ditambahkan, pihaknya sangat berharap dengan adanya posko ini, nantinya akan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. (F)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.