Petani Tembakau Butuh Bantuan Pemerintah

by -1 views

PRAYA— Petani tembakau di Lombok Tengah (Loteng) mengharap bantuan dari pemerintah.

Hal ini karena, tanaman tembakau mereka rusak parah, karena terendam air hujan yang tetap turun belakangan ini. Sehingga, dampaknya membuat mereka merasa rugi sampai puluhan juta.

Salah satu petani tembakau warga Desa Mangkung, Kecamatan Praya Barat Loteng, L Samsul Rizal menyatakan, dampak dari hujan lebat hujan lebat dalam sepekan ini sangat parah bagi petani tembakau.

Sebab, petani harus gigit jari, karena mereka tidak bisa memetik hasil tanamannya lantaran tanaman itu membusuk karena hujan yang lebat tersebut.

“Curah hujan menghancurkan harapannya tananam tembakau petani. Padahal sebagai modal tanam banyak mereka yang menjual padinya,” ujarnya.

Dengan melihat kerugian yang cukup besar pada petani tembakau ini, pihaknya harapkan agar pemerintah untuk mencarikan solusinya untuk membantu mereka.

“Kita harapkan pemerintah agar memberikan bantuan bibit bagi yang gagal panen ini. Agar mereka sedikit terbantu. Pasalnya tanaman tembakau mereka tidak bisa diselamatkan,” terangnya.

Sementara itu, Plt Sekda Loteng, HM Nazili menyatakan, pihaknya belum mengetahui soal bantuan tersebut. Tapi semoga ada program di Dinas Pertanian untuk membantu mereka yang parah ini. Sebab, uang daerah tidak bisa keluar kalau memang tidak ada programnya.

“Semoga saja Dinas Pertanian sudah ada programnya untuk hal itu. Memang kasian petani yang gagal panen sekarang ini,” ungkapnya, kemarin.

Ia mengungkapkan, pihaknya berharap agar hujan ini segera berhenti. Sehingga tanaman tembakau yang lainnya bisa di selamatkan. Terlebih lagi, umur tembakau saat ini masih belum terlalu berumur.

“Masih banyak yang bisa di selamatkan. Asalkan memang hujan ini berhenti. Tapi kalau hujan terus terjadi. Pastinya akan lebih banyak yang rusak parah,” tuturnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.