Hingga Naik Gunung, Vaksinasi di Kecamatan Lembar Berhasil Vaksin 1472 Warga

by -1 views

Lombok Barat, NTB – Pelaksanaan serbuan Vaksinasi Presisi Merdeka Sinergitas TNI-Polri dan Pemda Lombok Barat di wilayah Kec. Lembar Kab. Lobar, dilakukan hingga Daerah Pelosok dan Pegunungan, kamis (7/10/2021).

Kapolsek Lembar, Polres Lombok Barat, Polda NTB Ipda I Ketut Suriarta, SH mengatakan, dalam mensukseskannya, keseriusan ditunjukkan oleh Polres Lombok Barat.

“Jadi tidak bekerja sendiri, dalam pelaksanaannya, dalam pengawasannya Polres Lombok Barat hingga menurunkan Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil),” ungkapnya.

Dimana, untuk di Kecamatan Lembar, Kasat Reskrim Polres Lombok Barat Iptu I Made Dharma Yulia Putra, S.T.K., S.I.K., ditunjuk selaku Pamatwil di sini.

Selain itu, sinergitas TNI-Polri, Pemda Lobar, dan unsur terkait juga sangat terlihat dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini.

Diantaranya, Camat Lembar Agus Sutrisman, S.Kep, M.Kes, Kanit Turjawali Sat Polairud Polres Lombok Barat Ipda Lalu Nursidi selaku Perwira Pendamping, Danposramil Lembar Pelda Doddy Fhardiyan Vavilaya, turun bersama-sama.

Dalam mendampingi Tim Vaksinator bersama Babinsa Posramil Lembar, dan Anggota BKO Polres Lombok Barat wilayah Kec. Lembar

“Sedangkan untuk pelaksanaannya sendiri, vaksinasi digelar hingga delapan titik, yang tersebar di Kecamatan Lembar,” katanya.

Pelibatan Tenaga Kesehatan (Nakes), terdiri dari Puskesmas Jembatan Kembar, dan Puskesmas Eyat Mayang.

Nakes Puskesmas Jembatan Kembar, melakukan  vaksinasi di Dsn. Lendang Jae Desa Lembar, Dsn. Kebon Bongor Desa Lembar, Dsn. Kuranji Desa Lembar, Dsn. Bakong kapitan Desa Lembar, Dsn. Buncit Desa Lembar, dan Dsn. Petak Desa Lembar.

Sedangkan Puskesmas Eyat Mayang, melakukan vaksinasi di dua tempat diantaranya Dsn. Tendaun Desa Mareje Timur, an Dsn. Lendang Garuda Desa Mareje Timur.

“Walaupun hanya dua tempat, namun dalam pelaksanaan vaksinasi di Lokasi ini, tidaklah mudah, karena harus melalui medan pegunungan dan perbukitan,” ucapnya.

Sedangkan untuk hasil secara keseluruhan, untuk hari ini antusias Masyarakat yang hadir sebanyak 2.172 Orang, sedangkan 259 Orang mengalami penundaan karena factor Kesehatan.

“Sehingga, yang berhasil mendapatkan vaksin sebanyak 1.472 Orang, terdiri dari Dosis I sebanyak 1.406 Orang dan Dosis II sebanyak 66 Orang.

Terkait prosedur, sebelum pelaksanaan Vaksinasi, terlebih dahulu dilakukan sterilisasi ruangan / tempat yang akan digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi.

“Selanjutnya melakukan pendataan dan pemeriksaan Kesehatan, meliputi tekanan darah serta penyakit yang diderita,” katanya.

Seperti jantung, diabetes, dan ginjal untuk memastikan keamanan dalam vaksinasi Covid-19, yang mana peserta penerima vaksin diwajibkan untuk membawa kartu identitas seperti KTP ataupun KK.

“Setelah dilaksanakan vaksinasi yang bersangkutan melakukan observasi selama 30 menit, dalam masa 30 menit tersebut akan dilihat bila terdapat kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI),” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.