Antisipasi Ancaman Gangguan Listrik pada Natru, PLN UIW NTB Siaga

MATARAM – PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat melaksanakan siaga pasokan listrik untuk perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada tanggal 18 Desember 2020 – 7 Januari 2021. Sebanyak 1114  personel telah disiapkan. Pada saat siaga Nataru, PLN tidak melakukan pekerjaan pemeliharaan listrik yang menyebabkan padam. Seluruh jaringan distribusi listrik dalam kondisi normal operasi siap melayani seluruh pelanggan PLN di Nusa tenggara barat.

Terdapat 29 lokasi pantauan utama dalam Siaga Nataru di Nusa tenggara barat.  Selain itu PLN memperkuat dengan 4 Uninterrupted Power Supply (UPS), 15 unit trafo mobile,  dan 134 buah kendaraan, baik roda 2 ataupun roda 4 agar pasokan lebih andal dan stabil. PLN UIW NTB juga tetap siaga kelistrikan untuk rumah-rumah warga agar umat Kristiani bisa menjalankan ibadah dari rumah dalam masa Pandemi Covid-19.

Selama masa siaga Nataru, PLN terus optimal dalam menjaga keandalan listrik rumah sakit dan infrastruktur pendukung penanganan Covid-19.

General Manager PLN UIW NTB, Lasiran mengatakan bahwa PLN juga telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk kesiapan pasokan listrik Nataru seperti dengan panita perayaan Natal di Nusa tenggara barat.

“Petugas bersiaga tetap dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti menerapkan 3M dan melakukan split work serta shift,” tambah Lasiran.

Prediksi beban puncak Tahun Baru pada tanggal 31 Desember 2020 mencapai 265 MW.

“Daya mampu pembangkit di Pulau Lombok sebesar 308 Megawatt (MW) dengan beban puncak malam 247 MW. Sedangkan untuk sistem interkoneksi Sumbawa, daya mampu pembangkit sebesar 134 MW dan beban puncak 103 MW.” ungkap Lasiran.

Listrik padam bisa saja terjadi dalam keadaan yang tidak terencana seperti bila terjadi force major gangguan pada sistem jaringan tenaga listrik, kejadian yang tidak terprediksi sebelumnya atau bencana alam. Mengantisipasi percepatan pemulihan terhadap kemungkinan terjadinya gangguan jaringan, PLN UIW NTB melakukan siaga penuh pada  72  Posko  yang tersebar di Lombok dan Sumbawa.  Posko-posko tersebut dapat dihubungi melalui Contact Center 123 maupun aplikasi PLN Mobile.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.