Polres Lobar Siap Mengamankan Nataru 2021, dengan Mengandeng Pemda serta Stake Holder Terkait

Lombok Barat, NTB – Jajaran Polres Lombok Barat, bersama Instansi Terkait, menunjukan kesiapannya dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, yang ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Rinjani tahun 2021, Kamis (23/12/2021).

Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Rinjani tahun 2021 ini, dilaksanakan di Lapangan Apel Polres Lobar, yang dihadiri oleh TNI,Pemda Lobar, Basarnas, Dishub serta stake holder lainnya.

Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, S.I.K selaku Pimpinan Apel mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini merupakan Kesiapan dalam Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022.
Dalam Ops Lilin Rinjani dilaksanakan mulai tanggal 24 Desember 2021 s/d 2 Januari 2022 dengan Fokus terhadap pengamanan kegiatan masyarakat hari raya Natal dan Tahun Baru 2022.
“Merupakan tantangan bagi kita dikarenakan situasi saat ini Pandemi Covid-19 masih ada serta munculnya Varian baru yaitu Omicron di Indonesia, Untuk jajaran Polres Lobar kita diback up penuh oleh Kodim 1606/Mataram dan instansi terkait, dimana seluruhnya kita melibatkan 105 personil,” ungkapnya.

Personel ini akan terbagi di satu Pos Pelayanan (Pos Yan) di pelabuhan lembar, dua Pos Pengamanan (Pos Pam) di wilayah GMS dan Sengigi serta 16 pos pantau.

“Pengamanan kita fokuskan pada perayaan ibadah natal shg bisa berjalan aman serta kepada pengetatan protokol kesehatan 5 M terhadap tempat-tempat wisata, hotel dan giat masy untuk menghindari penyebaran virus covid 19” ucapnya.

Nantinya, pada saat perayaan malam tahun baru, sesuai dengan instruksi mendagri nomor 62 tahun 2021, akan dilakukan pengetatan Prokes 5M.

“Kita akan turunkan tim untuk sosialisasi sekaligus penerapan disiplin masyarakat terkait prokes 5M selama operasi lilin Rinjani 2021, sehingga penularan covid-19 yang saat ini masih ada di Indonesia, agar tidak terjadi di Kabupaten Lombok Barat,” katanya.

Kapolres mengatakan bahwa selama Operasi Lilin Rinjani 2021, tidak ada penyekatan mobilisasi Masyarakat, namun yang akan dilakukan adalah Pembatasan kegiatan dan Pengetatan Prokes 5M.

“Serta Pelarangan pawai, arak-arakan, kembang api, perayaan malam tahun baru sehingga harapannya kegiatan ibadah Natal berjalan dengan aman dan ekonomi masyarakat dapat tumbuh,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten lll Pemda Lobar H. Ilham, menambahkan bahwa Jajaran Pemkab Lombok Barat siap mendukung penuh dalam menghadapi pengamanan natal dan tahun baru ini.

“Pemda Lobar sudah menindaklanjuti Rapat Lintas Sektoral menjelang Natal dan Tahun Baru, dengan dikeluarkannya Surat Edaran Bupati Lobar,” ungkapnya.

Terkait pembatasan kegiatan Masyarakat selama Operasi Lilin Rinjani 2021, serta menghimbau Masyarakat Kabupaten lombok Barat, agar tidak melaksanakan aktivitas diluar rumah atau bepergian pada saat malam Tahun Baru, cukup merayakan pergantian tahun di rumah saja sehingga tidak terjadi penularan covid 19.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.