Polres Lombok Utara, Mengikuti Lokakarya Restorasi Justic bidang hukum polda NTB

Lombok Utara, NTB – Telah berlangsung kegiatan Lokakarya Restorasi Justic bidang hukum polda NTB tentang prespektif aparat penegakkan hukum berdasarkan kewenangannya dalam melakukan penegakan hukum yang berkeadilan Restoratif, bertempat di hotel Aruna sengigi mataram NTB, Pada selasa, tanggal 22/02/2022.

Kegiatan Lokakarya Restorasi Justic bidang hukum polda NTB diselenggarakan oleh Bidang Hukum Polda NTB dengan ketua penyelenggara Kombes Pol.Abdul Azas Siagian,Sh.MH, dihadiri oleh para Pejabat Utama Polda NTB, Para kasat Polres Sejajaran se Pulau lombok dan sumbawa (Lantas, Narkoba, Reskrim, Binmas, Sabhara dan Sie Hukum).

Read More

Usai kata sambutan dan pembukaan acara oleh Irwsada Polda NTB Kombes Pol. Djoko Hari utomo, Sik, Msi, dilanjutkan dengan Pemaparan materi oleh empat orang pakar hukum dan praktisi Narasumber yang dipimpin oleh Ketua Tim Dedi Permana Sh, MH jaksa Madya kejaksaan Tinggi Negeri Mataram NTB.

Kapolres Lombok Utara Akbp I Wyn Sudarmanta, Sik Mh menerangkan bahwa kegiatan sosialisasi hukum ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program yang dicanangkan Kapolri khususnya program peningkatan kinerja penegakkan hukum yaitu penyelesaian perkara diluar hukum acara pidana (Restoratif Justice) di lingkungan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat.

Dalam penyelesaian perkara dengan pendekatan restorative justice ini, pelaksanaannya terdapat beberapa syarat sesuai diatur Pasal 1 Angka 27 Peraturan Kepala Kepolisian Negara RI Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyidikan Tindak Pidana yaitu keadilan restoratif yang harus melibatkan pelaku, korban dan/atau keluarganya serta pihak terkait, hal ini bertujuan agar tercapai keadilan bagi seluruh pihak, tuturnya.

Ia mengatakan “Proses hukum tidak harus selalu dilakukan secara formal, namun bisa diselesaikan secara keadilan restoratif tanpa ke pengadilan, banyak kasus kecil yang dilaporkan hingga berakhir ke pengadilan bukannya membuat keadaan semakin baik, “tetapi bisa menimbulkan konflik yang lebih luas, khususnya kasus tindak pidana skala kecil dan ringan ataupun kasus-kasus yang melibatkan kelompok masyarakat,”

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan para peserta sosialisasi dari Personil Polres Lombok Utara dapat mengembangkan kapasitas diri dalam rangka menciptakan dan meningkatkan kinerja untuk membangun sumber daya manusia Kepolisian Negara Republik Indonesia yang berkualitas, unggul dan kompetitif. Ucap Kapolres Akbp Sudarmanta.

Dalam rangkaian acara tersebut, Usai pemaparan materi oleh para Narasumber, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari seluruh peserta dan kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan covid-19.

humas

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.