Intensitas Curah Hujan Tinggi, Polsek Pemenang Himbau Warga lebih Waspada

Lombok Utara, NTB – Tingginya curah hujan yang berlangsung beberapa hari ini sejak pagi hingga malam hari, Rabu, 16 Maret 2022, mengakibatkan tanah longsor hingga menutupi badan jalan dan luapan air sungai hingga mencapai ke pemukiman warga.

Kapolres Lombok Utara Akbp I Wyn Sudarmanta, Sik MH melalui Kapolsek Pemenang Iptu L. Eka Arya yang turun langsung dilokasi menerangkan dari hasil monitoring kami pasca hujan mengguyur wilayah Pemenang, mengakibatkan Volume Debiit Air kali telaga wareng  menggala mengalami luapan  yang mencapai ke pemukiman warga, demikian pula dengan kali Dusun malimbu desa malaka dan air kali Bentek desa menggala mengalami luapan.

Read More

Selain itu juga terjadinya tanah longsor di jalur lintas pusuk, material berupa lumpur, batu dan kayu menutupi jalan yang mengakibatkan kemacetan baik dari arah gunung sari menuju pemenang maupun sebaliknya.

Lokasi jalan raya pusuk yang sedang dalam pengerjaan pelebaran mengakibatkan jalur pusuk rentan di landa longsor yang sewaktu – waktu dapat menutupi ruas jalan dan yang terburuk dapat menimpa pengguna jalan akibat tanah longsor.

Kapolsek menambahkan Hujan dengan curah hujan tinggi dari hari minggu hingga rabu tanggal 16 maret 2020, yang mengakibatkan air sungai meluap dikarenakan kec pemenang merupakan wilayah hilir sungai dan beberapa kali pernah mengalami banjir dan banjir rob yang berdampak terhadap pemukiman warga yang tinggal di bantaran sungai dan muara yang mengakibatkan kerugian materil.

Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat, dengan cuaca penghujan dan angin kencang saat ini agar selalu meningkatkan waspada dan menentutan titik evakuasi manakala situasi emergency.

Dengan adanya permasalahan ini kami berharap kepada pemerintah daerah dan pihak BPBD maupun instansi terkait agar perlunya langkah-langkah preventif, sebagai upaya untuk mengantisipasi jika terjadi hujan susulan agar meminimalisir kerugian materil dan korban jiwa, tutup Kapolsek.

humas

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.